Senin, 03 Oktober 2016

7 Penyebab Hidrosefalus Dan Penanganan Tepat

7 Penyebab Hidrosefalus Dan Penanganan Tepat

Hidrosefalus

7 Penyebab Hidrosefalus Dan Penanganan Tepat

Hidrosefalus berasal dari bahasa Latin yaitu hydros yang artinya air; dan sefalus yang artinya kepala. Dalam istilah medis hidrosefalus berarti penumpukan cairan otak yang berlebihan yang menyebabkan kelainan atau gejala kelainan saraf yang dapat hanya sementara atau menetap. Apabila tekanan terus meningkat, jaringan yang ada dalam otak dapat rusak dan dapat menimbulkan gangguan dalam fungsi otak. 
Kondisi ini dapat dialami oleh semua orang dan semua usia. Namun, hal ini lebih sering dialami oleh bayi dan orang tua. Bayi yang baru saja dilahirkan mungkin dapat mengalami hal ini sehingga mereka akan mengalami kecacatan dalam hal intelektual dan akan mengalami gangguan pada perkembangan fisik mereka. Sedangkan, pada orang tua, mereka akan mengalami penurunan yang signifikan dalam memori atau kemampuan berpikir lainnya.

Penyebab Hidrosefalus

  • Radang atau infeksi
Peradangan yang terjadi di otak dapat menyebabkan terganggunya fungsi organ dan jaringan yang terhubung di sekitar kepala termasuk dengan saluran CSF sehingga dapat menyebabkan cairan otak menumpuk.
  • Cedera atau trauma
Cedera dan juga trauma di kepala dapat meningkatkan resiko terkena hidrosefalus apalagi jika sering terkena benturan di kepala.
  • Kelainan bawaan (kongenital)
Siapa saja dapat terkena hidrosefalus termasuk bayi yang belum lahir ataupun yang baru dilahirkan, keadaan ini disebut dengan hidrosefalus kongenital.
  • Penyumbatan saluran CSF
Sudah jelas jika saluran CSF tersumbat maka cairan otak akan terhalang dan menumpuk pada saluran tersebut, 
  • Meningitis
Meningitis adalah peradangan pada selaput otak yang berfungsi untuk melindungi otak dan sumsum tulang belakang, meningitis juga beresiko pada hidrosefalus.
  • Meningkatnya produksi cairan otak
Meskipun saluran CSF lancar namun jika cairan otak diproduksi tubuh secara berlebihan maka dapat terjadi penumpukan juga yang mengakibatkan terjadinya hidrosefalus.
  • Spina Bifida
Spina bifida adalah kelainan tabung syaraf yang terjadi saat kelahiran, kondisi tersebut menimbulkan tulang belakang yang tampak. Jika dikaitkan dengan hidrosefalus ini jelas tidak sama dengan hidrosefalus kongenital.

Pengobatan Hidrosefalus

7 Penyebab Hidrosefalus Dan Penanganan Tepat

Hidrosefalus adalah penyakit mematikan yang semestinya tidak boleh ditunda tunda lagi pengobatannya, Untuk mengobati hidrosefalus di tahun-tahun sebelumnya hanya dengan melalui jalan operasi yang beresiko serta tidak menjamin kesembuhan dan juga untuk satu kali operasi saja butuh biaya yang cukup mahal.
Namun pada periode saat ini telah ada obat hidrosefalus yang khasiatnya terbukti bahkan sangat aman untuk digunakan, untuk selengkapnya tentang obat tersebut yang sudah terjamin anda bisa membaca di website yang sudah kami referensikan. Berikut pilihannya(tinggal pilih, klik dan baca)


Terimakasih Atas Kunjungan Anda
Semoga Lekas Sembuh

Tidak ada komentar:

Posting Komentar